5 Tips Membuat Rumah Menjadi Lebih Sehat Untuk Keluarga Anda


Tempat tinggal yang sehat bukan hanya tampak bersih, tetapi juga sudah aman menjadi tempat keluarga beraktivitas dan nyaman menjadi tempat istirahat. Selain itu, sirkulasi udara diketahui juga sangat penting diperhatikan supaya seluruh anggota keluarga dapat terhindar dari adanya penularan penyakit.

Nah, Rumah yang bersih dan juga sehat dapat anda wujudkan dengan menerapkan beberapa Tips membuat rumah jadi lebih sehat di bawah ini, 

Baca Juga: Bangun Rumah atau Beli Rumah, Mana Sih Paling Oke?

1. Memperhatikan ventilasi di rumah

Agar dapat dengan mudah untuk mewujudkan rumah yang sehat, hal utama yang butuh anda perhatikan adalah sirkulasi udara yang ada pada rumah. Jangan biarkan rumah anda memiliki kondisi lembab tanpa mempunyai ventilasi angin yang cukup.

Apalagi mengingat kondisi ventilasi yang sedikit serta kotor dapat membuat keluarga anda lebih mudah terkena infeksi, apalagi infeksi saluran pernapasan yang mudah menular dari udara.

2. Membersihkan rumah dari debu

Debu diketahui tidak hanya akan membuat rumah anda tampak kotor, tetapi juga akan lebih mengandung kuman maupun zat tertentu yang dapat menyebabkan maupun memperparah alergi, misalnya asma maupun eksim.

Bersihkan barang-barang secara rutin untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Jika memasang karpet di dalam rumah, pastikan Anda sering mencuci serta membersihkannya secara rutin dari debu. Anda dapat memakai alat vakum paling tidak 2 kali dalam seminggu kemudian bersihkan alat setiap selesai menggunakannya, maupun mencucinya sampai bersih.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Tamu yang Mengesankan dan Sehat

3. Menggunakan mesin pelembab udara 

Selain sudah mempunyai ventilasi yang cukup, Anda juga dapat menambah suasana sehat di rumah dengan membeli humidifier atau mesin pelembab udara jika memungkinkan. Hal ini karena mesin tersebut tidak hanya melembabkan, tetapi alat tersebut juga dapat meningkatkan kualitas udara di rumah sehingga dapat terbebas dari polisi serta debu berterbangan.

4. Menghias rumah dengan tanaman

Menanam tanaman di rumah tidak hanya dapat mempercantik tampilan, tetapi juga dapat menjadi salah satu penyaring udara alami dari dalam rumah. Bahkan, terdapat sebuah studi yang mengatakan jika anda menempatkan tanaman bunga mawar, lili, maupun aster di dalam rumah, anda bisa lebih meningkatkan suasana dari hati.

5. Hindari merokok di dalam rumah

Diketahui jika Asap rokok tidak baik bagi orang yang sering merokok maupun orang disekitarnya, hal ini karena dalam asap rokok terkandung bahan kimia yang berbahaya dan dapat mengakibatkan banyak gangguan kesehatan, terutama gangguan pernapasan.

Oleh karena itu, Tips membuat rumah jadi lebih sehat adalah anda bisa mencoba untuk menghindari merokok di dalam rumah atau bahkan lebih baik lagi jika anda mencoba untuk menghentikan kebiasaan merokok agar dapat menghindari risiko terkena penyakit karena rokok.

Rumah yang baik tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga memberikan dampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan Anda. Dengan memilih hunian yang berada di lingkungan yang sehat dan hijau, Anda akan merasakan manfaat kesehatan yang signifikan.